Bolazola – Pemenang Piala Dunia 2022, Argentina, gagal menyingkirkan Brasil dari puncak peringkat dunia FIFA karena Inggris tetap berada di posisi lima dalam klasemen pasca-turnamen di Qatar.

Argentina telah pindah ke posisi kedua setelah Lionel Messi memimpin mereka meraih kemenangan Piala Dunia ketiga pada hari Minggu (18/12/2022), menambah gelar Copa America 2021. Seandainya tim asuhan Lionel Scaloni memenangkan final dalam waktu 90 menit, mereka akan merebut posisi teratas dari Brasil.

Prancis naik satu tingkat ke posisi ketiga, dengan Belgia turun dua tingkat ke posisi keempat menyusul kegagalan mereka untuk keluar dari babak penyisihan grup. Inggris tetap di urutan kelima setelah tersingkir di babak perempatfinal, dengan Belanda, Kroasia, Italia, Portugal, dan Spanyol melengkapi 10 besar.

Maroko naik ke posisi 11 dari posisi 22 setelah melaju ke semifinal Piala Dunia, menggantikan Senegal sebagai negara Afrika dengan peringkat tertinggi. Peringkat tertinggi Atlas Lions adalah posisi 10 pada tahun 1998, dan turun ke posisi 92 pada tahun 2015. Australia juga naik 11 peringkat ke posisi 27 setelah mencapai babak 16 besar di Qatar.

Wales turun sembilan tingkat ke posisi 28 setelah penampilan mengecewakan di Piala Dunia pertama mereka selama 64 tahun, posisi terendah mereka sejak berada di posisi 37 pada April 2015. Skotlandia di posisi ke-42, Republik Irlandia ke-48, dan Irlandia Utara ke-59.

Brasil pergi ke Piala Dunia 2022 sebagai tim peringkat teratas dunia namun kalah dari Kroasia melalui adu penalti di babak perempatfinal, melanjutkan hasil buruk dan menjadi sesuatu yang baru bagi tim yang berada di peringkat nomor satu dunia,

Dalam delapan turnamen terakhir kembali ke Amerika Serikat pada 1994, tidak ada tim yang memimpin peringkat saat kick-off yang memenangkan turnamen, dengan hanya Brasil, finalis 1998, yang melampaui perempatfinal. Brasil telah menjadi tim peringkat pertama pada dua kesempatan lainnya (2006 dan 2010), dua kali tersingkir di delapan besar.

Jerman tersingkir di babak perempatfinal pada 1994, sementara Prancis (2002), Spanyol (2014) dan Jerman (2018) – semuanya juara bertahan – gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Dalam peringkat dunia wanita FIFA, yang terakhir diperbarui pada 9 Desember, Amerika Serikat tetap berada di puncak mengungguli Jerman, dengan Swedia di urutan ketiga dan Inggris di urutan keempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here