Bolazola – Pemain muda Borussia Dortmund Youssoufa Moukoko telah disorot terkait penipuan usia, dengan laporan yang mengklaim bahwa dia berusia 22 tahun dan bukan 18 tahun.

Media berbasis Austria Laola1 mengklaim mereka mendapatkan bukti seorang ayah angkat bintang BVB itu, dan telah mengirimkan akta kelahiran asli kepada seorang jurnalis.

Pertanyaan muncul dari Moukoko, pesepakbola Jerman keturunan Kamerun, setelah 21 dari 30 pemain di skuat U-17 gagal dalam tes usia yang diadakan oleh Samuel Eto’o. Para pemain berada di kamp dan bersiap untuk menghadapi Republik Afrika Tengah di ajang Piala Afrika.

Youssoufa Moukoko lahir di Yaounde, Kamerun. Dia pindah ke Jerman pada tahun 2014, di mana dia diadopsi.

Namun, ini bukan pertama kalinya pertanyaan tentang usia bintang muda Borussia Dortmund itu muncul, dengan DFB juga mengeluarkan pernyataan pada 2017.

DFB dalam sebuah pernyataan resmi: “DFB telah melakukan sejumlah diskusi intensif dengan Borussia Dortmund di berbagai tingkatan. Atas permintaan DFB untuk mempertimbangkan fakta secara hati-hati, mereka yang bertanggung jawab di Borussia Dortmund selalu menunjukkan keaslian dokumen yang juga diketahui oleh DFB. Oleh karena itu, tidak ada keraguan tentang kebenaran usia pemain. Dalam hal ini, DFB bergantung pada detail klub asal sang pemain.”

DUA TIM KAYA RAYA INGGRIS INGINKAN JASANYA

Dua klub kaya raya asal Inggris yaitu Chelsea dan Newcastle United telah diperingatkan setelah keterlibatan Moukoko dalam penipuan usia. Kedua klub dikaitkan dengan kepindahan si pemain, yang kontraknya di Borussia Dortmund akan habis pada akhir musim ini.

Berbicara tentang masa depannya di klub, sang striker mengatakan awal musim ini: “Saya mendapat kepercayaan dari pelatih, Edin Terzic seperti sosok ayah bagi saya. Saya merasa betah di Dortmund, saya tahu lingkungannya, teman-teman saya juga di sana. Saya mencintai klub, para penggemar mencintai saya. Tidak semua orang bisa mengatakan itu tentang diri mereka sendiri. Saya sangat ingin bertahan di Dortmund, saya memiliki semua yang saya butuhkan di sana.”

Dia belum menandatangani kontrak baru dan Direktur Olahraga BVB Sebastian Kehl menginginkan kejelasan dalam waktu dekat.

“Kami ingin keputusan dibuat segera, tentu saja. Penting bagi semua orang yang terlibat untuk memiliki kejelasan,” sebut Kehl.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here