Bolazola – Jendela transfer musim dingin 2023 telah resmi ditutup, yang berarti klub tidak akan diizinkan untuk melakukan penandatanganan lagi hingga akhir musim 2022-23.

Selama bulan Januari, ada banyak drama dan aksi. Misalnya Chelsea membelanjakan 121 juta euro untuk Enzo Fernandez untuk menjadikannya transfer termahal dalam sejarah Premier League. Ada beberapa perang penawaran. Dan terakhir, ada transfer yang diselesaikan secara tiba-tiba, dengan kejutan seperti 5 berikut ini.

Joao Felix ke Chelsea

Joao Felix.
Joao Felix.

Praktis tiba-tiba, Chelsea mengumumkan transfer Joao Felix dari Atletico Madrid, membenarkan bahwa mereka telah menandatangani penyerang dengan status pinjaman selama satu musim. Mereka setuju untuk melunasi seluruh gajinya dan membayar Atletico Madrid biaya pinjaman sebesar 11 juta euro.

Bintang Portugal itu tampil mengagumkan untuk Atletico Madrid di paruh pertama La Liga 2022-23. Dia tampil dalam 14 pertandingan liga, mencetak empat gol dan memberikan tiga assist. Felix memulai dengan buruk di Premier League.

Joao Felix melakukan debutnya dalam kekalahan 1-2 melawan Fulham pada 12 Januari. Dia adalah pemain Chelsea yang paling mengesankan di lapangan pada babak pertama, tetapi pelanggaran ceroboh terhadap Kenny Tete membuatnya langsung menerima kartu merah di babak kedua.

Si pemain saat ini menjalani skorsing tiga pertandingan dan akan memenuhi syarat untuk tampil melawan West Ham United pada 11 Februari.

Mykhailo Mudryk ke Chelsea

Mykhailo Mudryk.
Mykhailo Mudryk.

Pemain asal Ukraina Mykhailo Mudryk sangat terkait dengan kepindahan ke Arsenal selama jendela transfer Januari. Bagaimanapun, The Gunners tidak dapat menutup kesepakatan, yang membuka ruang bagi Chelsea untuk masuk dan menyelesaikan transfer.

The Pensioners mengonfirmasi kedatangan Mudryk pada 15 Januari, dengan mereka mengeluarkan 70 juta euro (biaya awal) untuk mengikatnya dengan kontrak 8,5 tahun. The Blues tampaknya bahkan tidak mengejar Mudryk sampai akhir, yang membuat banyak orang tidak percaya.

Sebelum menyegel kepindahannya ke London barat, Mudryk menikmati paruh pertama musim dengan Shakhtar Donetsk. Dia tampil dalam 18 pertandingan di seluruh kompetisi, mencetak 10 gol dan memberikan delapan assist.

Keylor Navas ke Nottingham Forest

Keylor Navas.
Keylor Navas.

Nottingham Forest, yang berada di posisi ke-13 klasemen Premier League, merekrut Keylor Navas dari PSG pada hari terakhir. Kiper Kosta Rika yang bergabung dengan klub dengan status pinjaman itu akan tetap berada di Premier League hingga akhir musim 2022-23.

Navas, yang jadi pelapis Gianluigi Donnarumma di PSG, mendorong untuk pindah. PSG dan Nottingham Forest bernegosiasi di akhir jendela transfer Januari untuk menemukan kesepakatan.

Kiper berusia 36 tahun itu telah memenangkan semuanya di sepak bola klub. Sebelum memenangkan dua gelar Ligue 1 bersama PSG antara 2019 dan 2022, Navas menghabiskan lima tahun bersama Real Madrid. Di Santiago Bernabeu, ia memenangkan tiga trofi Liga Champions berturut-turut dan satu gelar La Liga, di antara penghargaan lainnya.

Nottingham Forest harus menganggap diri mereka beruntung memiliki pemain sekaliber dan pengalaman seperti itu di tengah-tengah mereka untuk bisnis akhir musim.

Jorginho ke Arsenal

Jorginho.
Jorginho.

Pada hari batas waktu transfer (31 Januari), Arsenal mengeluarkan pengumuman resmi, mengonfirmasi transfer permanen Jorginho dari Chelsea. Perpindahan senilai 11,3 juta euro terjadi setelah The Gunners gagal mendatangkan gelandang Brighton & Hove Albion Moises Caicedo. Jorginho telah menandatangani kontrak 1,5 tahun dengan klub London utara (hingga Juni 2024).

Arsenal dan Chelsea jarang melakukan bisnis, membuat transfer Jorginho semakin mengejutkan. Namun, melihat transfer secara objektif, masuk akal bagi kedua belah pihak.

Chelsea, yang baru saja mengontrak Enzo Fernandez dari Benfica, perlu mendapat untung dan meringankan beban gaji mereka. Mengingat kontrak Jorginho akan berakhir pada Juni 2023, mereka tidak dapat memilih waktu yang lebih tepat untuk menjualnya.

Arsenal, di sisi lain, mendapatkan gelandang bertahan pemenang Liga Champions yang dapat dengan mudah menggantikan Thomas Partey saat dibutuhkan. Pemain Terbaik UEFA 2021 itu adalah pemimpin alami di lini tengah dan memungkinkan Mikel Arteta lebih berani dengan formasinya.

Joao Cancelo ke Bayern Munich

Joao Cancelo.
Joao Cancelo.

Salah satu bek sayap paling berbakat di dunia, Joao Cancelo meninggalkan Manchester City untuk bergabung dengan Bayern Munich dengan status pinjaman pada hari terakhir jendela transfer Januari. Mengingat betapa pentingnya dia dalam rencana Pep Guardiola sejak bergabung dari Juventus, perpindahan itu mengejutkan banyak orang.

Cancelo tidak jadi andalan Manchester City sebelum pindah. Nathan Ake mengambil tempatnya di sisi kiri, sementara Kyle Walker mencegahnya masuk sebagai bek kanan. Menurut beberapa laporan, Cancelo juga berselisih dengan Guardiola dan stafnya, yang menyebabkan kepergiannya.

Bayern Munich memiliki pemain berbakat secara teknis seperti Cancelo. Pemenang Premier League dua kali itu telah mencetak dua gol dan memberikan lima assist dalam 26 pertandingan di musim 2022-23. Jika dia memenuhi harapan di raksasa Bavaria, klausul permanen 70 juta euro bisa diaktifkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here