Bolazola – Piala Dunia sejauh ini merupakan turnamen paling terkenal dan bergengsi dalam sepak bola. Menampilkan tim terbesar dan pemain terbaik, ini adalah panggung yang tiada duanya, dan setiap pesepakbola ingin menjadi primadona turnamen ini.

Mencetak gol dianggap sebagai tugas terberat dalam sepak bola, dan melakukannya melawan tim terbesar di panggung internasional membawa kesulitan ke tingkat yang sama sekali baru. Lalu, siapa saja pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia sampai saat ini?

LIONEL MESSI (ARGENTINA) – 13 GOL

Juara dunia yang baru dinobatkan, Lionel Messi dari Argentina telah mencetak 13 gol dan mengklaim delapan assist dalam 26 penampilan Piala Dunia. Dia saat ini memegang rekor keterlibatan gol terbanyak dan penampilan terbanyak yang dimainkan dalam sejarah Piala Dunia.

Lionel Messi tampil di final Piala Dunia 2022.
Lionel Messi tampil di final Piala Dunia 2022.

Lionel Messi mencetak satu gol dan mengklaim satu assist dalam debutnya di Piala Dunia, dalam kemenangan 6-0 atas Serbia-Montenegro pada 2006. Dia gagal mencetak gol di Piala Dunia 2010 tetapi mengklaim satu assist saat Argentina tersingkir dari perempatfinal menyusul kekalahan 0-4 melawan Jerman.

Messi bermain sangat baik pada 2014, mencetak empat gol dan mengklaim satu assist untuk membawa Argentina ke final. Gol perpanjangan waktu Mario Gotze memungkinkan Jerman meraih kemenangan 1-0 di final, tetapi Messi memenangkan Bola Emas.

Piala Dunia 2018 mengecewakan bagi Argentina karena mereka disingkirkan oleh Prancis yang akhirnya menjadi pemenang di babak 16 besar. Messi hanya mencetak satu gol dalam empat pertandingan.

Lionel Messi akhirnya menebus pada tahun 2022, mencetak tujuh gol dan mengklaim tiga assist dalam tujuh pertandingan untuk membawa Argentina ke gelar Piala Dunia ketiga mereka. Dua dari tujuh golnya tercipta di final melawan Prancis. Bintang PSG itu dianugerahi Bola Emas keduanya di akhir turnamen, menjadikannya pemain pertama yang dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen.

JUST FONTAINE (PRANCIS) – 13 GOL

Just Fontaine adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang bermain hanya dalam satu edisi Piala Dunia. Tapi itu tidak mencegah orang Prancis itu tercatat dalam sejarah sebagai salah satu penyerang yang luar biasa.

Just Fontaine.

Fontaine mencetak 13 gol dalam enam pertandingan di Piala Dunia 1958, menetapkan rekor untuk mencetak gol terbanyak selama Piala Dunia.

Fontaine mencetak hat-trick pada debutnya di Piala Dunia melawan Paraguay, membantu Prancis meraih kemenangan 7-3 atas Amerika Selatan. Dia mencetak lima gol dalam tiga pertandingan berikutnya untuk membawa Prancis ke semifinal. Dia mencetak gol di semifinal melawan Brasil, tetapi pemenang akhirnya mengalahkan Prancis dengan skor 5-2.

Just Fontaine menunjukkan penampilan terbaiknya dalam perebutan tempat ketiga melawan Jerman. Dia mencetak empat gol untuk membawa Les Bleus menang 6-3.

GERD MULLER (JERMAN) – 14 GOL

Bisa dibilang striker paling efisien yang pernah dihasilkan Jerman, Gerd Muller mencetak 14 gol hanya dalam 13 pertandingan Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1970, Muller mencetak 10 gol dalam enam pertandingan saat Jerman finish ketiga di belakang Brasil dan Italia. Dia memenangkan Sepatu Emas untuk penampilan yang luar biasa dan dianugerahi Ballon d’Or akhir tahun itu.

Gerd Muller.

Gerd Muller mencicipi kemenangan Piala Dunia empat tahun kemudian, di Piala Dunia 1974. Tiga golnya membantu Die Mannschaft mencapai final dengan Belanda. Di final, ia mencetak gol untuk membawa Jerman menang 2-1 atas Belanda.

RONALDO NAZARIO (BRASIL) – 15 GOL

Sebuah fenomena, Ronaldo Nazario memainkan sepak bola panas di Piala Dunia, mencetak 15 gol hanya dalam 19 pertandingan.

Ronaldo Nazario.

Pemain andalan Brasil itu tampil gemilang di Piala Dunia 1998, mencetak lima gol dalam enam pertandingan untuk membantu Selecao ke final. Namun, dalam pertandingan terakhir, ia gagal memenuhi harapan karena timnya kalah telak 0-3 dari Prancis.

Ronaldo Nazario kembali pada tahun 2002 dan mencetak delapan gol dalam tujuh pertandingan untuk membawa Brasil menjuarai Piala Dunia. Dia mencetak kedua gol Brasil dalam kemenangan 2-0 atas Jerman di final.

Dalam Piala Dunia terakhirnya pada tahun 2006, Ronaldo Nazario mencetak tiga gol dalam lima pertandingan, saat Brasil tersingkir dari perempatfinal oleh Prancis.

MIROSLAV KLOSE (JERMAN) – 16 GOL

Duduk cantik di daftar teratas adalah legenda Jerman Miroslav Klose, yang mencetak 16 gol dalam 24 pertandingan Piala Dunia.

Miroslav Klose.

Klose mencetak hat-trick dalam debutnya di Piala Dunia melawan Arab Saudi pada tahun 2002. Trigol-nya mendorong Die Mannschaft meraih kemenangan 8-0. Dia mencetak dua gol lagi di babak grup tetapi tidak bisa mencetak gol di babak terakhir saat Jerman kalah 0-2 dari Brasil di final.

Empat tahun kemudian, Klose mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan saat Jerman finish ketiga di belakang Italia dan Prancis. Jerman finish ketiga sekali lagi pada 2010, dan Klose mencetak empat gol dalam lima pertandingan.

Miroslav Klose akhirnya memenangkan Piala Dunia pada tahun 2014, saat Jerman mengalahkan Argentina 1-0 di final. Dia memainkan lima pertandingan di Brasil, mencetak dua gol dan menggeser Ronaldo Nazario sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here