Deretan pesepakbola versatile terbaik di awal tahun 2023.
Deretan pesepakbola versatile terbaik di awal tahun 2023.

5 Pesepakbola yang Versatile Terbaik di Awal Tahun 2023

Posted on

Bolazola – Pemain versatile atau serbaguna membentuk ‘tulang punggung’ tim. Mereka tidak hanya menawarkan fleksibilitas kepada pelatih untuk bereksperimen dengan formasi yang berbeda, tetapi juga mengisi posisi rekan tim yang cedera saat dibutuhkan. Kemampuan untuk bermain di banyak posisi adalah salah satu kualitas terbaik yang dimiliki seorang pesepakbola.

Dan saat ini, tepatnya awal tahun 2023, akan melihat beberapa pemain yang telah menjadi kesenangan pelatih mereka, menghasilkan penampilan yang mengesankan terlepas dari posisi mereka. Dan berikut ini adalah 5 pesepakbola paling versatile atau serbaguna di dunia saat ini:

DANILO PEREIRA (PSG)

Danilo Pereira tidak bisa menggeser peran beberapa bintang yang dimiliki PSG. Tetapi dalam hal keserbagunaan, hampir tidak ada orang yang lebih baik di klub selain pemain asal Portugal itu.

Danilo Pereira tampil bagus dengan PSG.

Pemain timnas Portugal yang serba bisa ini secara alami adalah seorang gelandang bertahan, tetapi itu bukan satu-satunya posisi yang mampu ia kembangkan. Danilo telah membuktikan dirinya sebagai bek tengah yang cukup andal sejauh musim ini, membantu timnya mendapatkan hasil yang berharga saat Presnel Kimpembe cedera.

Danilo Pereira beroperasi di sisi kiri lini belakang tiga orang yang diterapkan Galtier, jarang melakukan kesalahan dalam 10 pertandingan yang dimainkannya di posisi itu. Ia tampil dalam 18 pertandingan untuk PSG musim ini, mencetak satu gol.

JOAO CANCELO (MANCHESTER CITY)

Dipuji sebagai salah satu bek sayap terbaik di dunia, bintang Manchester City Joao Cancelo adalah salah satu bek serbaguna. Pemain timnas Portugal dengan kaki kanan itu memang aslinya berposisi di sebelah kanan, tetapi ia juga sama efektifnya di sisi yang berlawanan.

Joao Cancelo jadi andalan Manchester City.

Cancelo memiliki kecepatan, tahu bagaimana memilih rekan satu timnya, dan mencapai keseimbangan sempurna antara serangan dan pertahanan. Dia adalah salah satu dari sedikit bek sayap yang ofensif di dunia yang tidak mengabaikan tanggung jawab defensif mereka demi mencetak gol.

Terlebih lagi, Joao Cancelo juga efektif dalam peran lanjutan. Bintang Portugal ini berkembang pesat sebagai gelandang kanan/pemain sayap dalam sistem 3-2-4-1 musim ini, secara rutin mengirimkan umpan silang berbahaya ke area penalti lawan. Pemain paling serbaguna di Manchester City, Cancelo telah memainkan 23 pertandingan untuk klub musim ini, mencetak dua gol dan memberikan tiga assist di semua kompetisi.

DAVID ALABA (REAL MADRID)

Banyak yang heran ketika Real Madrid merekrut David Alaba jelang musim 2021-22. Dengan Sergio Ramos masih dalam tim, penambahan bintang Austria itu tidak masuk akal. Tak lama kemudian Sergio Ramoe hengkang ke PSG, memberi Alaba kesempatan untuk menjadi pemain utama.

Bek serbaguna, yang bertugas sebagai bek kiri untuk sebagian besar karirnya di Bayern Munich, mengambil nomor legendaris 4 dan menjadi andalan. Alaba tampil sebagai salah satu pemain terbaik Real Madrid di musim 2021-22 saat meraih Liga Champions League, La Liga dan Supercoppa de Espana.

Los Blancos menandatangani Antonio Rudiger musim panas lalu, tetapi Alaba tetap menjadi salah satu nama andalan di daftar tim mereka. Tidak hanya dia bek tengah yang luar biasa, tetapi dia juga seorang pemimpin yang vokal dan bersemangat. Mengenai kontribusi ofensif, pemain serba bisa asal Austria ini memiliki kecenderungan untuk membangun serangan pada setiap kesempatan yang didapatnya dan memiliki kemampuan bawaan untuk mengirimkan umpan silang yang sempurna.

Sejak awal musim, david Alaba telah tampil dalam 22 pertandingan untuk Real Madrid di semua kompetisi, mencetak dua gol dan memberikan tiga assist.

JAMES MILNER (LIVERPOOL)

James Milner sejauh ini adalah pemain paling serbaguna di Premier League. Sifat serbaguna Milner telah membantu Jurgen Klopp mempertahankan situasi selama fase yang dilanda cedera, dengan pemain Inggris itu tidak pernah ragu untuk mencoba peran baru.

Awalnya seorang gelandang tengah, Milner juga mampu bermain di sisi kiri atau kanan lini tengah. Jika itu tidak cukup mengesankan, Milner telah terbukti sebagai bek sayap. Pada musim 2016-17, Milner berperan sebagai bek kiri pilihan pertama Liverpool dan jarang tampil mengecewakan.

Musim ini, pemain berusia 37 tahun itu terutama beroperasi sebagai gelandang tengah. Dia telah tampil dalam 20 pertandingan untuk klub Merseyside di semua kompetisi, memberikan dua assist.

FEDERICO VALVERDE (REAL MADRID)

Real Madrid tidak kekurangan pemain serba bisa, tetapi Federico Valverde mungkin yang paling mudah melakukannya. Pemain asal Uruguay itu secara alami adalah seorang gelandang tengah, tetapi kemampuan membaca permainan, keuletan, dan visinya memungkinkan dia untuk ditempatkan di hampir semua peran lapangan.

Federico Valverde diandalkan Real Madrid.

Di paruh kedua musim 2021-22, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti menempatkan pemain serba bisa berusia 24 tahun itu sebagai pemain sayap kanan. Dia juga memiliki tanggung jawab untuk menutupi posisi Daniel Carvajal. Berkat kecepatan dan staminanya, ia terbukti alami dalam peran tersebut, membantu klub memenangkan Liga Champions, La Liga, dan Supercoppa de Espana.

Musim ini, ia terutama bermain di lini tengah bersama Toni Kroos atau Luka Modric, tetapi ia juga melebarkan kakinya di sayap kanan. Terlebih lagi, dia telah terbukti sebagai pencetak gol yang cukup baik, dengan dia secara teratur mengejar pemain lawan dengan usahanya yang luar biasa.

Valverde telah tampil dalam 28 pertandingan untuk Los Blancos sepanjang musim 2022-23, mencetak delapan gol dan empat assist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *