Premier League adalah liga sepak bola terkaya di dunia, dan bisa dibilang yang paling kompetitif.

Tidak mengherankan, banyak pemain top telah bermain di kompetisi selama bertahun-tahun. Daya pikat kompetisi liga papan atas Inggris sedemikian rupa sehingga banyak manajer kelas dunia, baik yang tumbuh di dalam maupun luar negeri, telah menghiasi kompetisi ini.

Dalam sejarah tiga dekade Premier League, hanya segelintir manajer yang memenangkan kompetisi. Dari 11 pria yang melakukannya, hanya empat yang melakukannya beberapa kali.

Cukuplah untuk dikatakan bahwa kuartet ini dan beberapa lainnya telah mengumpulkan banyak poin di kompetisi papan atas Inggris. Pada catatan itu, berikut adalah 3 manajer tercepat yang mengumpulkan 500 poin di Premier League:

JURGEN KLOPP – 236 PERTANDINGAN

Jurgen Klopp telah dibawa ke Premier League dengan cara yang tidak biasa. Mantan manajer Borussia Dortmund ini telah menangani hampir 250 pertandingan di kompetisi tersebut, memenangkan 152 diantaranya.

Salah satu dari 11 orang yang memenangkan kompetisi, juru taktik asal Jerman iniadalah salah satu manajer tercepat untuk mengumpulkan 500 poin di Premier League. Setelah bergabung dengan Liverpool pada 2015, Klopp mengakhiri penantian tiga dekade The Reds untuk gelar liga pada 2019-2020.

Dia baru-baru ini mencapai tanda 150 kemenangan di Premier League lebih cepat daripada manajer Liverpool lainnya.

Saat ini berada di urutan kedua klasemen liga, Liverpool mengincar gelar Premier League kedua dalam tiga tahun.

JOSE MOURINHO – 231 PERTANDINGAN

Jose Mourinho adalah manajer legendaris lain yang pernah melatih di kompetisi liga papan atas Inggris.

Pemenang Premier League tiga kali (semuanya bersama Chelsea) telah melatih tiga klub berbeda dalam kompetisi tersebut. Mourinho menciptakan sejarah pada tahun 2014 ketika ia menjadi manajer tercepat yang mengumpulkan 400 poin di kompetisi tersebut.

Dia hanya membutuhkan 174 pertandingan untuk mencapai tengara, mengalahkan rekor sebelumnya Sir Alex Ferguson dengan 17 pertandingan.

Mourinho memiliki 217 dari 363 pertandingannya di kompetisi liga papan atas Inggris. Dia telah memenangkan gelar liga di tiga negara berbeda dan merupakan salah satu dari segelintir manajer yang memenangkan Liga Champions UEFA dengan banyak klub.

PEP GUARDIOLA – 213 PERTANDINGAN

Pep Guardiola memiliki resume manajerial yang patut ditiru. Di antara banyak prestasinya, ia telah memenangkan tiga gelar liga di banyak negara yang berbeda (Spanyol, Jerman, Inggris).

Manajer Manchester City baru-baru ini menambahkan sesuatu. Tim asuhan Guardiola ditahan imbang 1-1 oleh Southampton pada Sabtu. Itu mengakhiri 11 kemenangan beruntun namun poinnya adalah yang ke-500 dalam 213 pertandingan di Premier League.

Baru-baru ini, pemenang Premier League tiga kali itu menjadi yang tercepat untuk mencatatkan 500 gol di kompetisi tersebut. Dengan Manchester City unggul sembilan poin atas Liverpool, meskipun telah memainkan satu pertandingan lebih banyak, Guardiola berada di jalur untuk menjadi manajer kedua yang memenangkan empat gelar Premier League.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here